Rabu, 05 Agustus 2009

Menggoyang Lidah di Karawang

Selain sebagai daerah lumbung padi, Karawang juga dikenal dengan Goyangannya.

Ada yang tak kalah Asoy.. dengan goyang Karawang. Pecak Gurame di Pemancingan Mang Ajo, Samjori milik Restoran Alam Sari, Soto Gempol, Nasi Tangkar di Jl. Dewi Sartika, Chinese Food di RM Cahaya Baru, Pepes Jambal di Bendungan Walahar, hingga Sorabi Hijau di Rengasdengklok, dijamin mampu membuat lidah anda bergoyang.

Menelusuri tempat makan enak di Karawang, bisa diawali sejak kita keluar dari pintu tol Karawang Barat, karena sebagian besar bus dari Jakarta ke Karawang keluar dari pintu ini. Selepas keluar pintu tol, di Jl Raya Tarumanegara, Interchange, Karawang Barat, banyak berdiri retoran-restoran besar, antara lain Lebak Sari Indah, Telaga, Restoran dan Pemancingan Mang Ajo, dan Restoran Alam Sari .

Restoran dan Pemancingan Mang Ajo

Letaknya cukup strategis sekitar 2 km dari pintu tol Karawang Barat, tempatnya tak terlihat dari luar karena terhalang rimbunnya pohon yang mengelilinginya. namun karena sudah cukup terkenal tempat ini mudah dicari, apalagi saat hari libur, parkiran mobil di depannya selalu penuh.

Rumah makan dan pemancingan yang buka dari jam 8 pagi hingga jam 9 malam ini dikelilingi 5 kolam pemancingan lengkap dengan saungnya. Tempat ini cukup nyaman bagi anda yang ingin bersantai bersama keluarga. Karena, di areal seluas kurang lebih 3 haktar ini, Selain Restoran dan kolam pemancingan juga dilengkap juga dengan arena bermain untuk anak-anak .

Untuk menu makanannya, Mang Ajo juga menyediakan berbagai menu istimewa berbahan ikan.antara lain ikan bakar, goreng dan pecak dari jenis ikan gurame, nila, dan emas. Yang paling banyak dipesan pelanggan adalah ikan pecaknya yang khas. Tak seperti pecak gurame ala betawi yang berbumbu kompleks dan gurih dengan santan, pecak ikan ala Mang Ajo, rasa bumbunya lebih sederhana, namun tak kalah istimewa. Menu lain yang banyak dipesan adalah Karedok yang khas dengan bumbu kencurnya. Sementara untuk minuman, Es Kelapa Muda dan Es jeruk segar masih jadi Favorit.

Kisaran harga untuk menu ikan disini berkisar antara Rp 35-50 ribu. Sementara bagi Anda yang datang berombongan dapat memilih paket yang disediakan dengan harga sekitar Rp 100 ribu sampai Rp 170 ribu.

Restoran Alam Sari

Tempat lain yang bisa dikunjungi di kawasan ini adalah Restoran Alam Sari. Letaknya kurang lebih 5 Km dari gerbang tol Karawang Barat tak jauh dari gerbang komplek Resinda, atau kurang lebih 3 Km dari Pemancingan Mang Ajo. Restoran Alam Sari dari depan terlihat megah, karena bagian depannya merupakan gedung serba guna yang disewakan untuk berbagai acara, sementara Restorannya terletak di gedung bagian belakang, dan saung-saung yang dibangun di belakang gedung tersebut.

Menu yang ditawarakan sangat beragam, dari masakan pasundan, Chinese Food, hingga European Food. Menu andalan yang paling banyak dipesan adalah Nasi Kabeuleum, dan Samjori. Nasi Kabeuleum adalah nasi goreng berisi telur dan potongan bakso yang dibungkus dengan daun seperti nasi timbel kemudian dibakar, lauk pelengkapnya ada teri medan, tahu dan tempe goreng, emping dan selada untuk lalapan.

Sementara yang dimaksud dengan Samjori, adalah Sambal Hijau Teri plus Pete yang istimewa. Samjori bisa disajikan dengan ayam, ataupun ikan. “ Jadi ada ayam Samjori, atau ikan Samjori”, ungkap salah satu karyawannya. Satu kata yang paling sesuai untuk mengomentari rasa ayam atau ikan berbumbu Samjori “ Mantap”. Citarasa khas pasundan, segar, pedas, asin dan gurih, berminyak dengan aroma petai yang menggoda.

Menu lain yang diandalkan Alam sari adalah Ayam Api, yang penyajiannya sangat atraktif. Ayam saus caramel dengan kacang mede, dan irisan bawang Bombay ini, disajikan dengan wadah berlapis aluminium foil, aluminium foil juga membungkus isi menu ini, dan dialasi dengan piring keramik yang disekitarnya ditaburi semacam bubuk yang mudah terbakar. Saat disajikan api masih berkobar-kobar, begitu api mulai mati, aluminium foil yang menutup menu dibuka, nampaklah ayam dengan saus caramel yang masih panas, terlihat begitu menggoda.

Untuk minumannya, ada Mojang Karawang, yang terbuat dari Sari Kelapa, Sekuteng, Nanas, Selasih, Ketan Hitam, Alpukat, Kelapa Muda dan sirup Coco Pandan. Warna-warni dan menyegarkan. Range harga di restoran Alam Sari berkisar antara Rp 15-100 ribu.

Soto Gempol


Terus masuk dari arah Interchangge Karawang Barat, sampai di Fly Over anda bisa berbelok ke kiri kearah Jl. Rangga Gede. Sekitar 200 meter dari kolong Fly over, ada RM Soto Gempol. Soto Gempol ini mirip dengan Soto Betawi yang bersantan, dengan topping emping, taburan bawang goreng, dan irisan daun bawang. Untuk isinya sedikit berbeda karena Soto Gempol ada tiga pilihan isi, Ayam, Daging atau Babat.

RM Cahaya Baru

Masuk ke kota Karawang, jika naik kedaraan umum, biasanya turun di pertigaan Johar, dan masuk ke pusat kota dengan angkot atau becak. Di jalan Tuparev, Karawang ada beberapa tempat makan yang bisa anda kunjungi antara lain RM Aman di Jl. Tuparev 46, dan RM Cahaya Baru di Jl Tuparev No 228. Kedua rumah makan ini menawarkan menu-menu Chinese Food.

Menu andalan di RM Cahaya Baru adalah Babi Hong. “ Orang dari luar kota, kalau kesini yang dicari itu, Babi Hong, itu daging babi yang proses masaknya cukup lama, karea harus di tim, digoreng lalu dimasak kecap dengan jamur hyoko”, Ungkap Lilis Suwati, generasi kedua pemilik rumah makan ini. Selain Babi Hong menu istimewa tempat ini adalah Cah Haysom, Cah Juhi, dan Gurame Bumbu Tausi. Cah Haysom adalah Teripang yang dimasak Cah dengan Rebung dan Sawi putih, seporsi Cah Haysom dijual dengan harga Rp 100 ribu. Sedangkan untuk Gurame bumbu tausi dengan berat ikan 8 ons dijual seharga Rp 80 ribu.

Suasana Malam di Kota Karawang

Saat malam menjelang, terutama saat malam minggu, keramaian kota Karawang, terpusat di Alun-alun kota, Gor Panathayuda, sekitar Mall, dan bioskop Karawang Theatre di Jl. Tuparev. Alun-alun kota karawang tiap akhir pekan selalu dipadati warga karawang. Tempat ini dipenuhi oleh pedagang makanan seperti Martabak, Bakso, Pecel Lele, Sate Ayam, Ayam Bakar hingga Sate Maranggi, banyak juga pedagang baju, aksesoris, hingga kaos kaki, serta permainan anak-anak dari pancing-pancingan di kolam dari balon berisi udara, hingga mobil-mobilan yang bisa dinaiki anak-anak.

Sementara di sekitar Gor Panathayuda, pada bagian outdoor gor, muda-mudi karawang banyak melakukan aktifitas olahraga seperti Basket dan Volley, hingga malam hari. Muda-mudi yang sekedar nongkrong di sekitar Gor juga cukup banyak.

Nasi Tangkar

Selain tempat-tempat diatas, jika mencari tempat makan di malam hari, Jl. Dewi Sartika adalah salah satu pilihan. Di Jalan ini banyak pedagang kaki lima yang ramai pengunjung. Yang paling khas adalah Nasi Tangkar, yang terletak di pojokan simpangan Jl Dewi Sartika, kearah Jl. Tuparev, tak jauh dari Dewi Bakery Cake n Snack, yang juga terlihat banyak pengunjung. Ada tiga warung nasi Tangkar berjejer disana, Nasi Tangkar H. Ini, Endi, dan Mang Nean. Nasi Tangkar Mang Nean adalah satu-satunya yang buka juga pada siang hari.

Nasi Tangkar ala Karawang ini adalah Nasi putih biasa yang disajikan dengan Soto Tangkar yang mirip dengan Soto Tangkar Betawi, dengan kuah santan pekat berminyak, dan isi daging tetelan, namun tanpa tulang.

Selain Nasi Tangkar, di sekitar jalan ini juga ada pedagang Ayam Bakar dan Tahu Bumbu Sari Rasa Mang Edo. Tahu bumbu adalah nama khas Karawang untuk sajian sederhana tahu goreng yang disiram dengan bumbu sambal kacang tanah dan kecap. Menu seperti juga banyak ditemui di Kuningan Jawa Barat, disajikan dengan ketupat dan biasa disebut Hucap(tahu kecap), atau Kupat Tahu.

Sorabi Hijau Rengasdengklok

Untuk jajanan, Sorabi Hijau Pak Kasim, Rengasdenglok saat ini adalah yang paling terkenal di Kabupaten Karawang. Namun letaknya cukup jauh dari pusat kota Karawang, terletak di kecamatan Rengasdengklok, yang terkenal dengan peristiwa sejarah penculikan Bung Karno, oleh para pemuda sebelum proklamasi.

Untuk sampai di tempat ini, dari pusat kota anda bisa menuju ke terminal Tanjungpura, lalu berbelok ke kanan, kearah Rengasdengklok. Jika menggunakan angkutan umum, anda bisa naik mini bus dari Johar kearah Cikarang, turun di Tanjungpura, kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkot sekitar 17 km kearah Rengasdengklok.

Yang membedakan Sorabi Hijau Pak Kasim, dengan Serabi atau Surabi lain adalah warnanya yang hijau, karena menggunakan daun suji asli. Selain itu adonan intinya juga ternyata selain tepung beras, dicampur dengan tepung ketan. Hasil pembakaran Sorabi juga tidak terlalu menghitam, adan saat dibelah, teksturnya mirip martabak yang berlubang-lubang. Sorabi ini disajikan dengan saus gula merah, yang legit dan gurih, atau saus gula merah yang diberi durian sehingga rasa dan aromanya lebih menarik. Saus inilah yag membuatnya makin istimewa.

Selain itu Pak Kasim juga tetap pakai kayu bakar, dan kayu bakar yang bagus adalah kayu Pete Cina atau Lamtoro dan Kayu Jambu air, karena urat kayunya lurus, mudah ditata dan dipotong, panasnya bagus, serta tidak banyak berasap, sehingga sorabinya juga tak terlalu bau asap.

Daftar Tempat Makan Enak di Karawang

Restoran dan Pemancingan Mang Ajo

Jl. Interchange Karawang Barat

Telp. (0267) 644153 (kantin) atau 644155 (rumah)

Harga : Rp 35-50 ribu

Buka jam : 8.00-21.00

RM Alam Sari
Jalan Raya Tarumanagara (Interchange), Karawang Barat
0267 401555, 401789

Jl. Raya Tuparev 250 B Karawang

Telp. 0267-414588

Menu Favorit : Ayam dan ikan Samjori, Ayam Api

Harga : Rp 15-70 ribu

Jam Buka : 9.00-22.00

Soto Gempol Raya
Jl. Rangga Gede 33, Karawang
0267 404005

Menu andalan : Soto Daging dan Soto Ayam

Harga : Rp 18.000

Jam buka : 9.00-22.00

RM Cahaya Baru
Jl. Tuparev 228, Karawang
0267 401028

Menu Andalan : Babi Hong, Cah Haysom, Sapi Lada Hitam, Gurami Tausi

Harga : 15-100 ribu

Jam buka : 10.00-22.00

RM Aman
Jl. Tuparev 48, Karawang
0267 403171

Menu Andalan : Chinese food

Harga : Rp 15-100 ribu

Jam buka : 10.00-22.00

Nasi Tangkar Mang Nean
Jl. Dewi Sartika, Karawang

Menu : Nasi Tangkar

Harga : Rp 12.000

Jam buka : 10.00-22.30

RM Pepes Jambal Walahar H. Dirdja
Bendungan Walahar, Klari, Karawang Timur
Telp.
0813 99663071

Menu Favorit : Pepes Jambal,Pepes ayam, Ayam Bakar

Harga : Rp 4.000-50.000

Buka : 8.00-21.00

Pepes Walahar H. Emin

Bendungan Walahar, Klari, Karawang Timur

Telp. 081213146096

Menu Favorit : Aneka Pepes

Harga : Rp 4-15 ribu

Jma buka : 8.00-21.00

Sorabi Hijau Rengasdengklok, Karawang

Telp. (0267) 480776

Menu : Serabi Hijau, saus gula durian.

Harga : Rp. 3.000

Buka : 7.00-20.00

3 komentar:

  1. Kami menawarkan Sirup JENISA (jeruk nipis asli)+ madu dengan berbagai khasiat alami. Mungkin bisa untuk tambahan menu minuman pada restoran bapak/ibu.
    untuk informasi
    website : http://tokojenisa.webs.com
    phone : 085324050154
    WA : 081382239343
    PIN : 53FB5271
    email : djosave@gmail.com
    terima kasih.

    BalasHapus
  2. vimax | pembesar penis | vimax original | vimax canada | obat kuat | obat vimax | pembesar penis | vimax | vimax asli | vimax original | pembesar penis | pembesar penis | penyubur sperma | obat kuat | viagra | proextender | perangsang sex | perangsang sex | perangsang sex | vimax | perangsang sex | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | vakum payudara | pelangsing badan | alat sex pria | alat sex wanita | agen vimax asli


    _______________★★★★★★★
    _____________★★★★★★★★★
    ___________ ★★★★★★★★★★
    __________ ★★★★★★★★★★★
    _________ ★★★★★★★★★★★★
    _________ ★★★★★★★★★★★
    _________★★★_★★★★★★★★★
    ________ ★★★_★★★★★★★★★
    _______ ★★★__★★★★★★★★
    ______ ★★★___★★★★★
    ___★★★★★__★★★★★★
    ★★★★★★★_★★★★★★★
    _★★★★_★★★★★★★★★★★★
    _★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    _★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    _★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    _★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    _★★★★★_★★★★★★★★★★★★★★
    ★★★★__ ★★★★★★★★★★★★★★
    ★★★_____ ★★★★★★★★★★★★
    _★★★ _____★★★★★★
    __★★★ ____★★★★★★
    ____★★___★★★★★★★★
    _____★★_★★★★★★★★★★
    _____★★★★★★★★★★★★★★
    ____★★★★★★★★★★★★★★★★★
    ___★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    ___★★★★★★VIMAX ASLI★★★★★★★★★
    ___★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    ___★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★★
    ____★★★★★★★★★★★★____★★★★★★★★
    _____★★★★★★★★★★★______★★★★★★★
    _______★★★★★★★★★_____★★★★★★★
    _________★★★★★★____★★★★★★★
    _________★★★★★__★★★★★★★
    ________★★★★★_★★★★★★★
    ________★★★★★★★★★★
    ________★★★★★★★★
    _______★★★★★★★
    _______★★★★★
    ______★★★★★
    ______★★★★★
    _______★★★★
    _______★★★★
    _______★★★★
    ______★★★★★★
    _____★★★★★★★★
    _______|_★★★★★★★
    _______|___★★★★★★★

    BalasHapus